Analisis Tipologi Gedung Kantor Pemerintahan

DEFINISI KANTOR
istilah Kantor berasal dari Bahasa Belanda yaitu Kantoor artinya ruangan tempat bekerja, tempat instansi dan lain-lain. Dan dalam Bahasa Inggris berasal dari kata Office artinya tempat untuk memberikan pelayanan, ruang tempat bekerja ataupun posisi. Kantor dapat diartikan sebagai bagian organisasi yang menjadi pusat bagi kegiatan administrasi dan pengendalian kegiatan pengolahan data atau informasi.

TUJUAN KANTOR
Memberikan sistem pelayanan berupa komunikasi dan penyimpanan data serta tempat berkumpulnya orang - orang yang mengerjakan sesuatu untuk mencapai target atau tujuan yang telah di tentukan sebelumnya.

CONTOH KANTOR

THE PENTAGON



Alamat: Arlington, Virginia, near Washington, D.C.
Kategori: Kantor Pemerintahan
Luas Bangunan: 340,000 m2
Luas Tanah: 600,000 m2
Tahun Pembangunan: 1941 - 1943
Arsitek: George Bergstrom
Kontraktor: John McShain
Gaya Bangunan: Neo-Klasik

The Pentagon adalah markas besar Departemen Pertahanan Amerika Serikat, yang terletak di Arlington County, Virginia, di seberang Sungai Potomac dari Washington, DC. Sebagai simbol militer AS, Pentagon sering digunakan untuk merujuk pada Departemen Pertahanan AS. Groundbreaking dimulai pada 11 September 1941, dan bangunan itu diresmikan pada tanggal 15 Januari 1943.

Pentagon merupakan salah satu gedung perkantoran terbesar di dunia, dengan sekitar 6.500.000 sq ft (600.000 m2), dimana 3.700.000 sq ft (340.000 m2) digunakan sebagai kantor. Sekitar 23.000 militer dan karyawan sipil dan sekitar 3.000 personil pendukung non-pertahanan bekerja di Pentagon. Gedung ini memiliki 5 sisi, 5 lantai di atas tanah, 2 tingkat bawah tanah, dan 5 koridor cincin per lantai dengan total 17,5 mil (28,2 km) dari koridor. Pentagon meliputi 5 acre (20.000 m2) plaza sentral, yang berbentuk seperti pentagon.



Gedung Pentagon mencakup 28,7 acre (116.000 m2), dan termasuk tambahan 5.1 acre (21.000 m2) sebagai halaman tengah. Dimulai dengan sisi utara dan bergerak searah jarum jam, 5 fasad nya adalah Mall Terrace Entrance façade, Sungai Terrace Entrance façade, pintu masuk Concourse (atau Stasiun Metro) façade, Selatan Parkir Entrance façade, dan façade Heliport. Di sisi utara gedung, Entrance Mall, yang juga dilengkapi serambi, mengarah ke 600 ft (180 m) Teras panjang yang digunakan untuk upacara. Sungai Entrance, yang dilengkapi dengan serambi memproyeksikan keluar 20 ft (6,1 m), terletak di sisi timur laut, menghadap ke laguna dan menghadapi Washington. Teras menginjak Sungai Entrance mengarah ke laguna; dan pendaratan dermaga digunakan sampai akhir 1960-an untuk mengangkut personil antara Bolling Air Force Base dan Pentagon. Pintu masuk utama bagi pengunjung terletak di sisi tenggara, di mana stasiun Pentagon Metro dan stasiun bus berada. Ada juga concourse di sisi tenggara dari lantai dua bangunan, berisi sebuah mini mal, parkir selatan Pentagon terletak di sisi barat daya dari Pentagon, dan sisi barat Pentagon menghadap Washington Boulevard.


Cincin konsentris yang ditunjuk dari pusat sebagai "A" melalui "E" (dengan tambahan "F" dan "G" di ruang bawah tanah). kantor Cincin "E" adalah satu - satunya dengan pemandangan luar dan umumnya ditempati oleh pejabat senior. Kantor diberi nomor searah jarum jam di sekitar masing-masing cincin, dan memiliki dua bagian: nomor koridor terdekat (1 sampai 10) diikuti oleh sejumlah nomor bay (00 sampai 99), sehingga angka kantor berkisar dari 100 sampai 1099. Koridor ini memancar keluar dari halaman tengah, dengan koridor 1 yang diawali dengan ujung selatan Concourse. Setiap koridor radial nomor bersimpangan dengan kelompok kantor bernomor (misalnya, koridor 5 membagi blok kantor 500 series). Ada sejumlah diorama sejarah yang di pajang di gedung, khususnya di cincin "A" dan "E".

Lantai di Pentagon yang berhuruf "B" untuk Basement dan "M" untuk Mezzanine, yang keduanya berada di bawah permukaan tanah. Concourse terletak di lantai dua di pintu masuk Metro. Di atas lantai tanah diberi nomor 1 sampai 5. Nomor ruangan diberikan sebagai lantai, cincin konsentris, dan nomor kantor (yang pada gilirannya jumlah koridor terdekat diikuti dengan jumlah bay). Dengan demikian, kantor 2B315 berarti berada di lantai dua, cincin B, dan terdekat ke koridor 3 (antara koridor 2 dan 3).  Sisi selatan Pentagon adalah Kota Pentagon dan Crystal City, area belanja dan daerah pemukiman padat di Arlington. Arlington National Cemetery berada di utara. Stasiun Washington Metro Pentagon juga terletak di Pentagon.

SUMBER:

Comments

Popular Posts