Rumah Bumbung Limas Terengganu

Negeri Terengganu Darul Iman adalah salah satu negara bagian Malaysia. Terengganu terletak di Pantai Timur Semenanjung Malaysia, di antara garis bujur 102.25 dengan 103.50 dan garis lintang 4 hingga 5.50. Di bagian utara dan barat lautnya berbatasan dengan Kelantan dan di bagian selatan dan barat daya berbatasan dengan Pahang. Pembuatan Rumah tradisional Malaysia berdasarkan 3 faktor yaitu, faktor agama, faktor social dan faktor iklim
        climatic factor




Rumah bumbung limas Terengganu merupakan salah satu rumah tradisional negara Malaysia. Rumah ini mendapat pengaruh dari arsitektur Belanda dan Inggris. Bentukan jenis rumah ini awalnya masuk di Kepulauan Riau sekitar abad ke -17 sampai ke-19. Lalu masuk ke Terengganu pada abad ke-19.

Ciri – ciri istimewa rumah jenis ini adalah penggunan sebuah atap yang lurus horizontal dan 4 batang perabung menurun ke cucuran atap. Rumah jenis ini mengunakan jenis dinding janda berhias (salah satu ciri ukiran). Ukiran ini cukup popular dikalangan raja dan bangsawan.


Rumah jenis ini memiliki beberapa bentuk dari bentuk panjang dan bersegi empat tepat. Ruangnya terdiri dari ruang teras, balkon, rumah tengah dan dapur. Rumah Terengganu dibangun dari kayu cengal, meranti dan kapur. Sedangkan atapnya dari atap tanah dan atap genting senggora.
SUMBER:

Comments

Popular Posts