Contoh Arsitektur Tropis Pada Bangunan Resort


Nama Proyek: BVLGARI RESORT BALI
Arsitek : Antonio Citterio Patricia Viel and Partners
Owner : Bulgari SpA
Lokasi : Jalan Goa Lempeh, Banjar Dinas Kangin, Uluwatu, Bali 80364, Indonesia
Desain : 2006

Bvlgari (Bulgari) Resort menggunakan konsep desain arsitektur kontemporer yang berasal dari pencampuran arsitektur tradisional Bali dengan gaya Italia. Resort ini terletak di atas tebing dan terlihat seperti sebuah kota pada abad pertengahan.


Resort ini menggunakan material – material yang tahan panas dan ramah lingkungan seperti batu alam, batu pahat vulkanik, kayu mahogani, dan bambu. Jarak antara lantai dengan atap cukup jauh sehingga mengurangi terperangkapnya udara panas. Resort ini memaksimalkan bukaan yang ada untuk mengurangi penggunaan AC dan penerangan lampu. Material atap yang digunakan menggunakan bahan yang tidak menyerap panas sehingga memberikan rasa sejuk untuk ruangan dibawahnya.


Konsep arsitektur tropis sangat diterapkan pada bangunan resort ini, terlihat dari penggunaan material keseluruhan bangunan dengan memaksimalkan bukaan namun tetap menjaga privasi dan kenyamanan dari pengguna bangunan tersebut. Desain keseluruhan bangunan juga disesuaikan dengan kondisi dan keadaan lingkungan sekitar.


 Referensi:


Comments

Popular Posts