Analisis Tipologi Rumah Sakit

Rumah sakit adalah salah satu sarana kesehatan tempat menyelenggarakan upaya kesehatan. Upaya kesehatan adalah setiap kegiatan untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan, bertujuan untuk mewujudkan derajat kesehatan yang optimal bagi masyarakat. Upaya kesehatan diselenggarakan dengan pendekatan pemeliharaan, peningkatan kesehatan (promotif), pencegahan penyakit (preventif), penyembuhan penyakit (kuratif), dan pemulihan kesehatan (rehabilitatif), yang dilaksanakan secara menyeluruh, terpadu, dan berkesinambungan. 

TUGAS & FUNGSI RUMAH SAKIT
Menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 tentang rumah sakit, rumah sakit mempunyai tugas memberikan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna. Pelayanan kesehatan paripurna adalah pelayanan kesehatan yang meliputi promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif. Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009, rumah sakit umum mempunyai fungsi:
1.  Penyelenggaraan pelayanan pengobatan dan pemulihan kesehatan sesuai dengan standar pelayanan rumah sakit.
2.  Pemeliharaan dan peningkatan kesehatan perorangan melalui pelayanan kesehatan yang paripurna tingkat kedua dan ketiga sesuai kebutuhan medis.
3.    Penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan sumber daya manusia dalam rangka peningkatan kemampuan dalam pemberian pelayanan kesehatan.
4.   Penyelenggaraan penelitian dan pengembangan serta penapisan teknologi bidang kesehatan dalam rangka peningkatan pelayanan kesehatan dengan memperhatikan etika ilmu pengetahuan bidang kesehatan.

KLASIFIKASI RUMAH SAKIT
Rumah sakit dapat diklasifikasikan menjadi beberapa golongan berdasarkan jenis pelayanan, kepemilikan, jangka waktu pelayanan, kapasitas tempat tidur dan fasilitas pelayanan, dan afiliasi pendidikan.

Berdasarkan jenis pelayanannya rumah sakit dapat digolongkan menjadi:
1. Rumah Sakit Umum
Rumah sakit umum adalah rumah sakit yang memberikan pelayanan kesehatan yang bersifat dasar, spesialistik dan subspesialistik. Rumah sakit umum memberi pelayanan kepada berbagai penderita dengan berbagai jenis penyakit, memberi pelayanan diagnosis dan terapi untuk berbagai kondisi medik, seperti penyakit dalam, bedah, pediatrik, psikiatrik, ibu hamil, dan sebagainya.
2. Rumah Sakit Khusus
Rumah sakit khusus adalah rumah sakit yang mempunyai fungsi primer, memberikan diagnosis dan pengobatan untuk penderita yang mempunyai kondisi medik khusus, baik bedah atau non bedah, misal: Rumah Sakit Ginjal, Rumah Sakit Kusta, Rumah Sakit Jantung, Rumah Sakit Bersalin dan Anak, dan lain-lain.

Berdasarkan Kepemilikan, rumah sakit dibagi atas:
1. Rumah Sakit Umum Pemerintah adalah rumah sakit umum milik pemerintah, baik pusat maupun daerah, Departemen Pertahanan dan Keamanan, maupun Badan Usaha Milik Negara. Rumah sakit umum pemerintah dapat dibedakan berdasarkan unsur pelayanan, ketenagaan, fisik dan peralatan menjadi empat kelas yaitu rumah sakit umum Kelas A, B, C, dan D.
2. Rumah Sakit Umum Swasta, terdiri atas:
a. Rumah Sakit Umum Swasta Pratama, yaitu rumah sakit umum swasta yang memberikan pelayanan medik bersifat umum, setara dengan rumah sakit pemerintah kelas D.
b. Rumah Sakit Umum Swasta Madya, yaitu rumah sakit umum swasta yang memberikan pelayanan medik bersifat umum dan spesialistik dalam 4 cabang, setara dengan rumah sakit pemerintah kelas C.
c. Rumah Sakit Umum Swasta Utama, yaitu rumah sakit umum swasta yang memberikan pelayanan medik bersifat umum, spesialistik dan subspesialistik, setara dengan rumah sakit pemerintah kelas B.


CONTOH RUMAH SAKIT

NEW STOBHILL HOSPITAL
Lokasi: Stobhill, Morpeth, Northumberland NE61, UK
Luas Tanah: 28000.0 sqm
Tahun pembangunan: 2006
Arsitek: Reiach And Hall Architects
Kontraktor: Balfour Beatty
Insinyur struktur: SKM Anthony Hunts

New Stobhill Hospital merupakan rumah sakit rawat jalan pertama dan fasilitas diagnostik di Skotlandia. Selesai dibangun pada tahun 2006. Terdapat lebih dari 20 departemen yang ada di rumah sakit ini, seperti bedah umum, THT, ginekologi, urologi, dialisis ginjal serta klinik rawat jalan, pelayanan diagnostik dan perawatan terapi. Pada rumah sakit ini terdapat ruang tanaman yang memudahkan pertukaran udara panas, rumah sakit ini juga memaksimalkan penggunaan cahaya alami.



Pertama pasien akan memasuki ruang publik (The Arcade) yang penuh dengan pencahayaan alami dengan pintu keluar yang terlihat sehingga memudahkan transisi. Resepsionis langsung dapat terlihat, dan dari situ dapat ditunjukkan setiap departemen. Semua sirkulasi vertical berada di pusat ruangan. The arcade adalah jantung dari rumah sakit. New Stobhill memiliki diagram tampak yang sederhana - dua blok akomodasi, blok pengobatan di utara dan blok konsultasi di selatan, yang dibuhungkan dengan The Arcade. Desain rumah sakit sendiri memberikan lingkungan yang fleksibel dan mudah beradaptasi untuk para staff dan klinik, dan menggunakan konstruksi yang mampu untuk mengalami perubahan dan ekstensi. Seluruh lantai atas dikhususkan untuk staf akomodasi dengan teras atap dan pemandangan ke Campsie Hills.



DENAH RUMAH SAKIT NEW STOBHILL





GAMBAR POTONGAN





REFERENCE:

Comments

Popular Posts