Analisis Tipologi Kultural (Museum)

Museum adalah institusi permanen, nirlaba, melayani kebutuhan public, dengan sifat terbuka, dengan cara melakukan usaha pengoleksian, mengkonservasi, meriset, mengomunikasikan, dan memamerkan benda nyata kepada masyarakat untuk kebutuhan studi, pendidikan, dan kesenangan. Oleh karena itu, museum bisa menjadi bahan studi oleh kalangan akademis, dokumentasi kekhasan masyarakat tertentu, ataupun dokumentasi dan pemikiran imajinatif pada masa depan.

Museum memiliki beragam tipe, dari institusi yang besar dan mencakup banyak kategori, hingga institusi kecil yang memusatkan diri kepada subjek tertentu, lokasi, atau seseorang. Selain itu terdapat museum universal yang koleksinya merepresentasikan dunia dan biasanya koleksinya di antaranya seni, ilmu pengetahuan, sejarah dan sejarah alam. Tipe dan ukuran museum tercermin dalam koleksinya. Sebuah museum biasanya memiliki koleksi inti yang merupakan benda terpenting di bidangnya. Kategori museum-museum tersebut di antaranya:
a. Museum Anak
b. Museum Arkeologi
c. Museum Biografi
d. Museum Etnologi
e. Museum Maritim
f. Museum Militer dan Perang
g. Museum Rumah Bersejarah
h. Museum Sejarah
i. Museum Seni
j. Museum Unilever

Museum yang akan saya analisis adalah museum seni. Museum seni, lebih dikenal dengan nama galeri seni, merupakan sebuah ruangan untuk pameran benda seni, mulai dari seni visual yaitu di antaranya lukisangambar, dan patung. Beberapa contoh lainnya adalah seni keramik, seni logam dan furnitur.

CONTOH MUSEUM


ZHAO HUA XI SHI LIVING MUSEUM
Lokasi: Beijing, China
Luas Area: 2500.0 m2
Tahun Project: 2016
Konsultan: IAPA Design Consultants
Arsitek: Paul Bo Peng, Yang, Yen Hu, Stoney Yu
Client: The Mother Earth Happiness Group

The Zhao Hua Xi Shi Living Museum menggunakan modular kontainer sebagai struktur utamanya, yang menggabungkan pameran, catering, rekreasi dan area kantor. Modular kontainer terhubung dengan galeri, jembatan dan platform untuk menciptakan ruang menyenangkan dengan menggunakan gaya Courtyard House. Desain menonjolkan pemandangan alami Tembok Besar Cina, menawarkan pengunjung pemandangan lansekap yang megah.



Zhao Hua Xi Shi Living Museum adalah reperesentasi dari kelangsungan warisan budaya tradisional. Bentuk structural, area indoor dan outdoor, pengunaan batu dan baja secara kontras, pengunaan kayu dan jerami, interaksi antar koridor, jembatan, dan viewing platform, menyediakan lingkungan yang memuaskan untuk menikmati pesona, dan pengalaman unik ketika mencari kebahagiaan di Bumi. Penggunaan bahan-bahan alami merupakan representasi dari pelestarian kelangsungan budaya tradisional sekitar.


Zhao Hua Xi Shi Living Museum ini termasuk kategori museum seni yang memamerkan seni visual. Namun seni visual yang museum ini tampilkan bukan merupakan seni visual benda melainkan objek pemandangan dari warisan kekayaan budaya tradisional lingkungan sekitar museum ini berada.

Axonometry

Site plan

Section

West Elevation

North Elevation

REFERENCE:

Comments

Popular Posts