Studi Kasus

Dissociative Identity Disorder (DID)


Dissociative Identity Disorder (DID), atau sebelumnya dikenal sebagai gangguan kepribadian ganda, adalah gangguan mental pada spektrum disosiatif ditandai dengan munculnya setidaknya dua identitas yang berbeda dan relatif bertahan lama atau mental kepribadian terpisa h yang bergantian untuk mengendalikan perilaku seseorang, disertai dengan gangguan memori untuk informasi dan tidak dijelaskan oleh kelupaan biasa.

PENGERTIAN
Diagnosis gangguan identitas disosiatif (DID) dapat ditegakkan bila seseorang memiliki sekurang-kurangnya dua kondisi ego yang terpisah, atau berubah dan berbeda dalam keberadaan, perasaan, dan tindakan yang satu sama lain tidak saling mempengaruhi dan yang muncul serta memegang kendali pada waktu yang berbeda. Umumnya terdapat dua hingga empat kepribadian pada saat diagnosis ditegakkan, namun selama berlangsungnya terapi seringkali muncul beberapa kepribadian baru.
Kesenjangan memori juga umum terjadi dan biasanya karena sekurang-kurangnya satu kepribadian tidak memiliki kontak dengan yang lain; yaitu, kepribadian A tidak memiliki memori mengenai seperti apa kepribadian B atau bahkan tidak mengetahui sedikitpun bahwa ia memiliki kepribadian lain yang berbeda. DID biasanya berawal pada masa kanak-kanak, namun jarang terdiagnosis hingga usia dewasa. Gangguan ini lebih luas dibanding gangguan disosiatif lain, dan penyembuhannya kurang menyeluruh. Gangguan ini jauh lebih sering terjadi pada perempuan dibanding laki-laki.

FAKTOR PENYEBAB
Penyebab utama DID muncul dan berkepanjangan ketika seseorang memiliki pengalaman trauma di masa kecil. Trauma ini terkait dengan emosi, fisik, kekerasan seksual dan penolakan dari orang tua (pola asuh neglectful), seseorang tersebut membentuk identitas atau kepribadian lain untuk memutuskan dengan kepribadian sebelumnya. Terdapat dua teori besar mengenai DID. Salah satu teori berasumsi bahwa DID berawal pada masa kanak-kanak yang diakibatkan oleh penyiksaan berat secara fisik atau seksual. Penyiksaan tersebut mengakibatkan disosiasi dan terbentuknya berbagai kepribadian lain sebagai suatu cara untuk mengatasi trauma (Gleaves, 1996). Memang terdapat bukti empiris bahwa penyiksaan anak mempunyai kaitan dengan perkembangan simtom-simtom disosiatif (Chu dkk., 2000). Namun tidak semua orang mengalami penyiksaan pada masa kecilnya menderita DID.
Teori lain beranggapan bahwa DID merupakan pelaksanaan peran sosial yang dipelajari. Berbagai kepribadian yang muncul pada masa dewasa, umumnya karena berbagai sugesti yang diberikan terapis (Lilienfeld dkk., 1999; Spanos, 1994).

SIMPTOM
Gejala pada DID adalah adanya beberapa alter dengan kualitas yang berbeda. Alter ini dapat mengambil banyak bentuk dan melakukan beberapa fungsi. Child alters – alter yang merupakan anak muda, yang tidak memiliki usia seperti usia individu asli – tampaknya jenis yang paling umum (Ross, Norton & Wozney, 1989). Trauma masa kecil sering dikaitkan dengan perkembangan DID. Child alters terjadi selama anak menjadi korban kekerasan pada masa kecil sehingga menjadi pengalaman traumatik, sedangkan "The Host" keluar dan terlupakan. Secara berurutan, sebuah alter dapat dibuat sebagai jenis saudara atau kakak untuk melindungi kepribadian The Host dari trauma. Ketika Child alters “keluar” dari mengendalikan tubuh, kepribadian asli dapat menjadi berbicara dan bertindak kekanak-kanakan.
Tipe kedua dari alter adalah prescutor personality. Alter ini menimbulkan rasa sakit atau hukuman pada kepribadian lain dengan terlibat dalam perilaku self-mutilative (merusak), seperti memotong diri, membakar bahkan sampai berusaha mencoba bunuh diri (Coons & Milstein, 1990; Ross, Norton & Wozney, 1989).
Prescutor personality berhubungan dengan perilaku berbahaya, seperti meminum obat overdosis & pil atau melompat di depan truk, dan kemudian kembali kepada kepribadian sesungguhnya, sehingga membuat The Host yang mengalami rasa sakit. Prescutor personality mungkin memiliki keyakinan bahwa mereka dapat membahayakan kepribadian lain tanpa merugikan diri mereka sendiri.
Jenis ketiga alter adalah protector (pelindung), atau helper personality. Fungsi kepribadian ini adalah untuk memberikan nasihat kepada kepribadian lain atau untuk melakukan fungsi kepribadian The Host yang tidak dapat lakukan, seperti terlibat dalam hubungan seksual atau bersembunyi dari orang tua yang kejam. Helper personality terkadang yang mengganti dan mengendalikan dari satu kepribadian ke kepribadian yang lain atau bertindak sebagai pengamat pasif yang melaporkan pikiran semua kepribadian lain (Ross, 1989).
Penderita DID biasanya menyatakan bahwa mereka memiliki periode signifikan dari amnesia, atau blank spell. Mereka mengatakan mereka merasa sepenuhnya amnesia ketika kepribadian lain yang mengendalikan. Dalam hal ini, satu kepribadian menyadari apa yang lain lakukan, tapi kepribadian kedua benar-benar amnesia ketika kepribadian pertama yang memegang kendali. Orang dengan gangguan identitas disosiatif bisa tiba-tiba menemukan benda-benda yang tidak diketahui dan kemudian tiba-tiba berada di rumah mereka, atau mereka mungkin kehilangan sesuatu.
Membuktikan amnesia adalah sulit , tetapi beberapa studi psikolog kognitif menunjukkan bahwa informasi dan kenangan cenderung untuk mentransfer antara identitas, bahkan pada orang yang percaya kepribadian tertentu mengalami amnesia (Allen & Iacono, 2001). Penelitian lain mendukung jembatan antara amnesia dengan kepribadian (Dorahy, 2001). Perilaku merusak diri sendiri sangat umum di kalangan orang-orang DID dan sering menjadi alasan mereka untuk mencari pengobatan (Ross, 1999). Sekitar tiga-perempat dari pasien dengan DID memiliki riwayat percobaan bunuh diri (Ross, 1997).

SOLUSI
1. Pendekatan Psikodinamik
Psikoanalisis tradisional bertujuan membantu orang dengan gangguan identitas disosiatif mengungkap dan belajar untuk mengatasi trauma usia dini. Wilbur (1986) menawarkan beberapa variasi pada tema dalam diskusinya, pengobatan psikoanalitik orang dengan kepribadian ganda. Pertama, Wilbur menunjukkan bahwa analis dapat bekerja dengan kepribadian apa pun selama sesi terapi. Setiap dan semua kepribadian dapat diminta untuk berbicara tentang kenangan dan impian mereka sebaik yang mereka bisa. Setiap dan semua kepribadian yakin terapis akan membantu mereka memahami kecemasan mereka dengna aman dan pengalaman "menghidupkan kembali" traumatik sehingga mereka dapat dibuat sadar dan mereka dapat membebaskan energi psikis yang terperangkap oleh mereka. Wilbur memerintahkan terapis untuk mengingat bahwa kecemasan yang dialami selama sesi terapi dapat menyalakan “saklar” dalam kepribadian karena kepribadian alternatif yang mungkin dikembangkan sebagai sarana untuk mengatasi kecemasan intens. Namun akhirnya, pengalaman awal yang cukup, dapat dibawa ke cahaya sehingga reintegrasi kepribadian menjadi mungkin.

2. Pendekatan Biologi
Tidak ada obat yang telah dikembangkan untuk mengintegrasikan mengubah kepribadian. Namun, orang dengan kepribadian ganda sering menderita kecemasan depresi, dan masalah lain yangdapat diobati dengan obat seperti antidepresan dan agen anti ansietas. Obat sepuluh, untuk menjadi yang paling mudah diresepkan ketika kepribadian yang berbeda "setuju" dalam masalah mereka hadir apakah anxiety, depresi, atau masalah lain(Barkin, Braun, & Klufi 1986). Beberapa bukti menunjukkan ada selective serotonin-reuptake inhibitor seperti Prozac memiliki beberapa manfaat sederhana dalam mengobati gangguan depersonalisasi (Simeonet al., 1997). Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menyelidiki pendekatan biologis yang dapat membantu dokter mendorong integrasi dari berbagai kepribadian.

3. Pendekatan Perilaku
Teknik perilaku telah diterapkan untuk pengobatan orang dengan kepribadian ganda. Pada studi kasus terisolasi Kohlenberg (1973), melaporkan sebuah kasus dimana reinforcers diberi tanda (chip poker yang dapat ditukar dengan hadiah yang nyata) digunakan untuk meningkatkan frekuensi respon. Disesuaikan dengan tiga kepribadian alternatif pada orang beusia 51 tahun. Setiap kali kepribadian yang disukai memberikan jawaban, subjek memperoleh token dan tepukan di tangan.
Selama percobaan diperkuat, kepribadian pilihan "muncul" secara signifikan lebih sering. Selama percobaan kepunahan, ketika penguatan dirahasiakan, kepribadian asli turun ke tingkat respon di bawah dasar, dan kepribadian alternative menghabiskan lebih banyak waktu di tempat terbuka. Kohlenberg menyimpulkan bahwa kepribadian ganda adalah pola respons yang dipelajari yang kinerjanya terhubung dengan kontinjensi penguatan.

4. Terapi
 DID sangat mudah dihipnotis, dan diyakini bahwa mudahnya mereka dihipnotis dimanfaatkan oleh mereka (tanpa disadari) untuk mengatasi stres dengan menciptakan kondisi dissosiatif yang mirip dengan trance untuk mencegah munculnya ingatan yang menakutkan tentang berbagai kejadian traumatis (Butler dkk., 1996). Karena alasan ini, hipnotis umum digunakan dalam peanganan DID, (Putnam, 1993). Secara umum pemikirannya adalah pemulihan kenangan menyakitkan yang direpres akan difasilitasi dengan menciptakan kembali situasi penyiksaan yang diasumsikan pasien. Hipnotis umum digunakan dalam penanganan DID (Putnam, 1993).
Terapi juga membantu dengan aman menghilangkan proses kenangan yang menyakitkan, mengembangkan coping, dan keterampilan baru, mengembalikan fungsi umum tubuh, dan meningkatkan hubungan sosial.
  •      Tujuannya adalah integrasi beberapa kepribadian
  •      Setiap kepribadian harus dibantu untuk memahami bahwa dia adalah bagian dari satu orang dan kepribadian-kepribadian tersebut dimunculkan oleh diri sendiri.
  •      Terapis harus menggunakan nama setiap kepribadian hanya untuk kenyamanan, bukan sebagai cara untuk menegaskan eksistensi kepribadian yang terpisah dan otonom yang tidak memiliki tanggungjawab secara keseluruhan atas berbagai tindakan orang yang bersangkutan secara keseluruhan.
  •       Seluruh kepribadian harus diperlakukan dengan adil dan empati.
  •       Terapis harus mendorong empati dan kerja sama di antara berbagai kepribadian.
  •    Diperlukan kelembutan dan dukungan berkaitan dengan trauma masa kanak-kanak yang mungkin telah memicu munculnya berbagai kepribadian.
  •      Terapis harus menggunakan nama setiap kepribadian hanya untuk kenyaman, bukan sebagai cara untuk menegaskan eksistensi kepribadian yang terpisah dan otonom.

Tujuan setiap pendekatan terhadap DID haruslah untuk meyakinkan penderita bahwa memecah diri menjadi beberapa kepribadian yang berbeda tidak diperlukan lagi untuk menghadapi berbagai trauma, baik trauma dimasa lalu yang memicu dissosiasi awal atau trauma di masa kini atau yang akan dihadapi di masa mendatang. Selain itu, dengan asumsi bahwa DID dan gangguan dissosiatif lain dalam beberapa hal nerupakan respons pelarian dari stres yang sangat berat, penanganan dapat ditingkatkan dengan mengajarkan pada penderita untuk menghadapi berbagai tantangan masa kini dengan lebih baik.


CONTOH KASUS
Sybil adalah seorang gadis (berusia 37 tahun) yang mengalami perpecahan kepribadian sejak kecil. Setelah seringkali mengalami black out / benar2 lupa atas kejadian yang telah dialami, Sybil pun berobat ke psikiater, Dr Wilbur. Dari sanalah diketahui bahwa didalam tubuh Sybil terdapat 16 “orang” lain yang sering “mengambil alih” tubuh Sybil sehingga Sybil mengalami black out. Mereka adalah: Clara, Helen, Marcia, Marjorie, Mary, Mike (laki-laki), Nancy Lou Ann Baldwin, Peggy Ann Baldwin, Peggy Lou Baldwin, Ruthie, Sid (laki-laki), Sybil Ann, Sybil Isabel Dorsett, Vanessa Gaile, Victoria Antoniette Shcarleu (Vicky) dan pribadi terakhir yang tak diketahui namanya.
Semua pribadi yang sama sekali tidak diketahui Sybil, seolah-olah merupakan orang lain yang memakai raga Sybil dan mereka ‘mengenal’ Sybil dengan baik. Kepribadian - kepribadian itu juga memiliki usia yang berbeda-beda, hobi berbeda, bahkan tingkat keyakinan terhadap agama yang berbeda. Pada saat diskusi dengan Dr. Wilbur, kepribadian - kepribadian itu sering muncul dan menyebabkan Sybil bertanya kepada dokter, “apa yang telah saya lakukan?”. Keperibadia – kepripadian itu dalam dialog dengan Dr Wilbur juga sering merasa kasihan kepada Sybil, yang tidak bisa marah, ceria dan bahkan menangis saat ia seharusnya melakukan sehingga mereka sesekali merasa perlu muncul ke permukaan menggantikan peran Sybil. Masing-masing kepribadian itu benar-benar “menggantikan” peran Sybil, sampai kepada hafalan perkalian, kemampuan menyanyi, seni menggambar dsb sehingga membuat orang – orang  disekitarnya merasa heran kenapa Sybil yang kemarin begitu hafal perkalian, ceria, tenang dan cerdas dan tanpa sebab mendadak melupakan semuanya dan menjadi seorang pemurung atau seseorang yang pemarah atau bahkan kekanak-kanakan.
Setelah Sybil ,yang kehadirannya diwakili oleh kepribadian yang lain, menjalani psikoanalisa oleh Dr Wilbur, ditemukanlah trigger-trigger mengapa kepribadiannya pecah. Sybil mendapat siksaan yang luar biasa dari sang ibu, yang mengidap schizoprenia, sejak kecil tanpa pencegahan dari sang ayah sedikitpun. Hal itu, secara tidak langsung membuat Sybil tidak mampu mengungkapkan kemarahan, kesedihan dan emosinya. Selain itu, nilai - nilai yang dianut secara ketat oleh orangtua Sybil, namun kadang dinafikkan secara vulgar dihadapan Sybil juga menjadi salah satu pemicu munculnya kepribadian lain dalam dirinya, kepribadian yang tidak terima akan penerimaan Sybil terhadap lingkungan yang menekan dan mengabaikan dirinya.
Akhirnya setelah 11 tahun melakukan psikoanalisa, Dr. Wilbur berusaha menyamakan usia seluruh kepribadiaan melalui hipnotis dan berusaha meyakinkan Sybil untuk memenuhi keinginan-keinginan setiap kepribadian. Seperti kenyataan bahwa Sybil sangat membenci ibunya yang telah menyiksanya, yang dinafikkan oleh Sybil karena norma mengatakan bahwa seorang anak tidak boleh membenci ibunya. Dan Sybil yang sebelumnya tidak bisa marah, tidak bisa menangis pun akhirnya bisa mengungkapkan emosi-emosinya. Hal ini pun berhasil membuat personal-personal lain untuk menerima kondisi Sybil, seperti Vicky yang sebelumnya selalu berharap ibunya akan datang menjemputnya dari Paris, akhirnya mengakui bahwa Hattie Dorsett / Ibu Sybil adalah ibunya juga. Perlahan-lahan, trauma-trauma lain dibuka dan pada akhirnya Sybil pun berhasil mengungkapkan emosinya dan berhasil menolak penekanan-penekanan terhadap dirinya. Dan seiring waktu berlalu, semakin banyak kepribadian yang menyatukan diri sebagai Sybil sehingga Sybil pun menjadi Sybil yang satu.

REFERENSI


Comments

Popular Posts