Hukum Pranata Pembangunan - Bab IV

BAB IV
SOLUSI & KESIMPULAN

         Perencanaan dan perancangan yang sesuai dengan fungsi tata ruang sangat diperlukan untuk mengatasi hal yang telah dijelaskan sebelumnya. Pembangunan yang terarah akan memberikan dampak positif bagi daerah tersebut. Sosialisasi perencanaan tata ruang sangat diperlukan untuk mencegah timbulnya penyalahgunaan fungsi lahan. Perlunya penyesuaian pembangunan akan lingkungan sekitar juga menjadi faktor penentu utama.

            Peningkatan pengalihan fungsi ruang dan kawasan dapat teratasi dengan menerapkan pembangunan yang menyesuaikan dengan tata ruang kota. Para pembangun (developer) harus mau membangun atau menciptakan suatu kawasan yang berfungsi untuk mengatasi penyebab menurunnya kualitas lingkungan. Ruang Terbuka Hijau juga menjadi suatu kewajiban bagi para pembangun dalam menciptakan suatu kawasan.


 Untuk meningkatkan asas manfaat berbagai sumber daya yang ada dalam lingkungan seperti meningkatkan fungsi perlindungan terhadap tanah, hutan, air, flora, fungsi industri, fungsi pertanian, fungsi pemukiman dan fungsi lain maka perencaan tata ruang harus dipikirkan secara matang dan untuk jangka waktu yang panjang. Peningkatan fungsi setiap unsur dalam lingkungan artinya meningkatkan dampak positif semaksimum mungkin sedangkan dampak negatif harus ditekan sekecil mungkin. Konsepsi pembangunan wilayah dengan dasar tata ruang sangat dibutuhkan dalam upaya pembangunan industri berwawasan lingkungan.

Comments

Popular Posts